Zen Diary

Seputar Obrolan Ringan, Pengalaman Hidup dan Mutiara Ilmu

BEKAM

Posted by zensudarno pada April 18, 2009

Anda Ingin sehat? sudah tentu jawabannya adalah “YA“. Sehat adalah karunia Allah SWT yang harus kita syukuri dengan cara memelihara kesehatan tubuh kita dengan maksimal. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan ber”bekam”. Bekam adalah suatu tindakan mengeluarkan atau menghisap darah dari permukaan kulit dengan metoda dan alat tertentu. Nama lain dari bekam adalah kop, hijamah, canduk, canthuk dan blood cupping. Bekam merupakan sunnah Rasul dan wasiat para malaikat, bekam merupakan oleh-oleh Nabi pada waktu Isra’ Mi’raj selain perintah sholat lima waktu.  Sebagaimana sabda Nabi SAW :

Aku tidak berjalan di hadapan sekelompok malaikat pun pada malam ketika aku diisro’kan, kecuali mereka berkata, ”wahai Muhammad, perintahkan ummatmu agar berbekam!” (Shohiihul Jaami:5671)

Bekam merupakan sebaik-baik pengobatan dan penyembuh dari berbagai penyakit. Sebagaimana sabda Nabi SAW :

“Ini (bekam) adalah sebaik-baik cara pengobatan yang digunakan oleh manusia .”  (Al-Bashiyyin :19237, shohih)

Ibnu Umar berkata, Rasulullah Saw. Bersabda,

“ Jika ada khasiat pengobatan pada sesuatu, maka itu ada pada sayatan alat bekam, atau biji-bijian jintan hitam (habbatussauda), atau minum madu, atau sundutan api yang tepat mengenai penyakit, tetapi aku tidak suka berobat dengan sengatan api.” (HR. Ibnu Jarir dan Hakim)

Manfaat Bekam

Pada saat dilakukan pembekaman maka kutis (kulit), sub kutis, fascia dan otot akan mengeluarkan zat seperti serotonin, histamin, bradikinin, slow releasing substance, prostaglandin, prostasiklin dan zat lainnya. Zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol pada daerah yang dibekam dan tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Hal ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah Sehingga timbul efek relaksasi pada otot yang kaku dan menurunkan tekanan darah. Manfaat lain dari bekam adalah dilepaskannya corticotrophin releasing factor (CRF) oleh adenohipofise, selanjutnya CRF akan merangsang terbentuknya ACTH, corticotrophin, dan corticosteroid. Corticosteroid ini yeng mempunyai efek menyembuhkan peradangan serta menstabilkan permeabilitas sel. 

Sedangkan keluarnya histamin mempunyai manfaat dalam proses perbaikan sel dan jaringan yang rusak, serta memacu pembentukan retikulo endothelial cell, yang akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pembekaman akan merangsang syaraf di permukaan kulit yang akan dilanjutkan pada cornu posterior medulla spinalis melalui syaraf A-delta dan C, serta traktus spino thalamicus ke arah thalamus yang akan menghasilkan endorphin. Sedangkan sebagian rangsang lainnya akan diteruskan melalui serabut afferent simpatik menuju motor neuron dan menimbulkan reflek intubasi nyeri. Endorphin bermanfaat menenangkan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Darah yang keluar pada waktu bekam ternyata banyak mengandung sisa metabolisme, toksin dan endapan. Selain itu darah bekam juga terdiri dari sel darah merah yang rusak dan sedikit sel darah putih. Sehingga bekam merupakan salah satu detoksifikasi (pembersihan) darah yang baik. Efek lain dari darah yang keluar adalah merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah yang baru, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Bekam sangat baik bagi orang yang sehat untuk menjaga kesehatan dan sebaiknya dilakukan sebulan sekali.  Bekam juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain : hipertensi, asam urat, sakit kepala, migraine, vertigo, nyeri otot, asma, sinusitis,stroke dan lain-lain.  

Waktu Berbekam

Dari Abu Hurairah Ra berkata, Rasulullah Saw. Bersabda : ” Barang siapa berbekam pada tanggal tujuh belas, sembilan belas dan dua puluh satu maka itu akan menyembuhkan penyakit.”  (HR Abu Dawud, Thobroni dan Baihaqi)

Menurut Ibnu Sina, waktu berbekam terbaik adalah jam 1 – 2 siang, karena pada waktu tersebut pembuluh darah sedang mengembang. Ibnul Qoyyim berkata, ”semua hadits ini sesuai dengan kesepakatan para tabib, bahwa berbekam pada paruh kedua suatu bulan sampai pekan ketiga dari setiap bulan, lebih bermanfaat dari pada berbekam pada awal atau akhir bulan.” Namun bila karena suatu kebutuhan pengobatan dengan cara ini digunakan, kapan saja dilakukan maka tetap bermanfaat.

Kontra Indikasi Bekam (Orang yang tidak boleh dibekam)

  • Penderita diabetes melitus dengan kadar gula > 200 mg/dl.
  • Penderita hipertensi dengan tensi > 180 / 110 mmHg
  • Pasien yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.
  • Anak – anak  kurang dari 3 tahun dan orang yang sudah lanjut usia.
  • Anemia
  • Wanita hamil pada tiga bulan pertama.
  • Wanita yang sedang menstruasi
  • Penderita kelainan darah (hemofilia, kanker darah)
  • Kelainan pembuluh darah
  • Penderita yang baru menjalani cuci darah karena gagal ginjal.

Daerah yang Tidak boleh Dibekam

  • Rongga atau lubang alami tubuh
  • Pembuluh darah dan pembuluh limfe.
  • Kulit yang mengalami kelainan atau penyakit (infeksi, varises).
  • Cairan sendi atau sinovial.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Berbekam

  1. Berbekam hendaknya dilakukan sesama jenis kelamin.
  2. Pengulangan bekam paling cepat 2 minggu, tapi sebaiknya 1 bulan sekali
  3. Cukup istirahat sebelum dan sesudah berbekam (± 30 menit).
  4. Sebaiknya jangan berbekam setelah beraktifitas berat.
  5. Hati – hati membekam penderita HIV dan hepatitis B.
  6. Berbekam sebaiknya tidak boleh lebih dari 7 titik bekam.
  7. Sebaiknya hindari terkena air pada daerah yang telah di bekam selama 2 jam setelah berbekam.
  8. Disarankan mandi air hangat setelah berbekam.
  9. Hati-hati membekam penderita anemia dan hipotensi (sebaiknya dilakukan satu demi satu).
  10. Penggunaan jarum harus sekali pakai (untuk satu pasien saja).

Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai tindakan penjagaan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali. Dan agar tubuh tetap sehat, maka lebih baik setiap hari kita minum madu dan habbatussauda.  Anda ingin sehat? Berbekamlah……InsyaAllah

BEKAM PLUS KLINIK SEHAT

Klinik Sehat adalah sebuah klinik yang berusaha menerapkan konsep pengobatan cara Nabi, yaitu dengan menggunakan Obat herbal Thibun Nabawi seperti madu, habbatussauda (habbat ekstrak) dan herba lainnya serta menerapkan konsep pengobatan holistic (menyeluruh) dan terapi hijamah (bekam), akupuntur, akupressur dan spiritual terapi.

Bekam Plus Klinik Sehat adalah perpaduan antara bekam, massage, akupressure dan infra red atau elektromagnetik heating. Sehingga menghasilkan efek terapi optimal. Keuntungan bekam plus klinik sehat adalah :

  1. Dilakukan oleh terapist profesional dan sesama jenis kelamin
  2. Diawasi dokter klinik sehat.
  3. Sterilitas dan kebersihan terjamin.
  4. Ekstra jahe merah atau susu kambing hangat.

 TIPS SEHAT

 Ibnu Umar berkata, Rasulullah Saw. bersabda :

” Jika ada khasiat pengobatan pada sesuatu, maka itu ada pada sayatan alat bekam, atau biji-biji jintan hitam, atau minum madu, atau sundutan api yang tepat mengenai penyakit, tetapi aku tidak sukaberobat dengan sengatan api.”

(HR Ibnu Jarir dan Hakim)

Jika anda ingin sehat, maka lakukanlah Sunnah Nabi Saw. yaitu :

  1. Berbekam (dianjurkan sebulan sekali).
  2. Minum Madu (2 sendok makan tiap pagi hari).
  3. Minum Habbat Ekstrak (2 kapsul sehari)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: