Zen Diary

Seputar Obrolan Ringan, Pengalaman Hidup dan Mutiara Ilmu

Konsultasi: Pingin Gemuk Tapi Sehat :)

Posted by zensudarno pada November 30, 2007

Konsultasi Pinter

Si Kurus yang Susah Gemuk
Saya mau tanya, badan saya ini termasuk kurus. saya ingin mengemukkan badan, saya udah coba menambah porsi makan + minum susu, tapi berat badan saya kok tidak bertambah-tambah ya? mohon dijelaskan ya cara mengatasinya… terima kasih. filia, 19 tahun

Jawaban :
Dear Filia, sayang sekali kamu tidak menyertakan data-data tinggi dan berat badan kamu, supaya kami bisa lebih mendapatkan gambaran apakah kamu memang tergolong kurus. Selain itu apakah keluarga Anda (dari pihak Ibu dan Ayah) juga rata-rata berbadan kurus? Karena bentuk tubuh biasanya berhubungan dengan genetika. Jika gen keluarga Anda cenderung kurus, memang agak sulit untuk Anda menggemukkan badan.

Jika ingin menggemukkan badan, memang salah satu cara yang benar adalah dengan menambah porsi makan dan rajin minum susu, walau begitu porsi makannya tetap harus dipantau. Sebaiknya tetap menghindari terlalu banyak makan makanan junk food dan terlalu tinggi lemak jenuh seperti goreng-gorengan, karena makanan-makanan ini malah akan menambah asupan kolesterol dalam darah yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Gemuk namun sehat, bukankah itu yang kita inginkan?

Sebenarnya, kunci lain selain makan “besar” yaitu olahraga. Jangan takut malah semakin kurus dengan berolahraga, karena justru pada orang kurus, olahraga bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena bila kita rutin berolahraga, tubuh menjadi lebih aktif, dan semakin banyak energi yang dikeluarkan, semakin besar kebutuhan tubuh terhadap sumber energi, yaitu makanan. Itulah mengapa orang sering mengeluhkan meningkatnya nafsu makan setelah olahraga. Tapi buat orang-orang kurus, tentunya itu menjadi nilai tambah bukan? Oleh karena itu, selain menambah porsi asupan makanan, cobalah untuk rutin berolahraga. Pilihlah olahraga yang kamu gemari, entah itu renang, jogging, atau aerobic, bahkan kelas dansa pun bisa dijadikan olahraga. Lakukan secara rutin, misalnya seminggu tiga kali. Kamu juga bisa mendatangi fitness center dan meminta bantuan para trainer untuk mengetahui cara mengolah tubuh yang baik, supaya makanan yang masuk bisa terolah sempurna menjadi otot. Makan banyak tanpa olahraga hanya akan menambah asupan lemak, atau bahkan tidak “berguna” sama sekali karena makanan tidak diolah tubuh menjadi otot dan energi. Pada level tertentu lemak memang penting bagi tubuh, namun jika berlebihan lemak dapat menjadi sumber beberapa penyakit.

Saat ini ada suplemen susu untuk menambah berat badan, yang mengandung protein tinggi. Kenapa bukan lemak, melainkan protein? Karena gemuk yang baik adalah yang memiliki massa otot yang ideal, sehingga gemuknya tidak gembyor, melainkan kencang dan sehat. Dan protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam membentuk otot. Jadi, konsumsi suplemen susu penambah berat badan, plus makan banyak, dan olahraga teratur, niscaya tubuh gemuk yang sehat bisa Anda miliki.

Penjelasan:
Untuk mengukur status gizi, dalam ilmu gizi tu ada yang namanya IMT = Indeks Massa Tubuh atau BMI (Body Mass Index), caranya dengan BB/TB(dlm Meter persegi). kalo mengukur BB/TB anda, berati IMTnya adalah = 64/3,0976 = 20,66. sedikit kurus, tapi termasuk normal sih.

Kurus (IMT <18,5), Normal (IMT 18,5-25,0), Gemuk (IMT 25,1-27,0), Obesitas (IMT >=27,0)

Kenaikan BB biasanya dipengaruhi oleh intake dan output makanan. jika mau ditambah berat badannya, berarti asupannya (intake)juga harus ditambah.kalo dengan konsumsi saat ini BBnya cenderung tetap, berarti makannya harus ditambah 2xlipat dari porsi sebelumnya. jenis makanannya perbanyak dari sumber karbohidrat, protein,lemak, semuanya deh secara seimbang. begitu… kalo mau nambah BB harus olahraga. dengan olahraga, masa ototnya bertambah, otomatis BBnya juga nambah…

hmm… ada formula yg pernah ana dpt….mungkin bermanfaat…. (yg penting tetap olahraga, bukan gemuk yg dicari, tp sehatnya)

Pagi (Sarapan) :

Makan pagi (terserah, nasi goreng or nasi uduk or bubur ayam, yg penting pake daging/ayam/telor/ikan), Minum susu 1 gelas

Jam 10.00
Makan roti, Minum susu 1 gelas

Siang :
Makan siang yg bergizi seperti biasa

Jam 16.00 :
Makan roti, Minum susu 1 gelas

Makan Malam
(sebaiknya 1 jam sebelum tidur)

10 menit sebelum tidur :
Makan roti, Minum susu 1 gelas

Ok,,, silahkan mencoba….antum jalanin 1 bulan full, insya Allah…antum lihat berapa besar kenaikan berat badan antum…btw,,, tetep olahraga, biar gak gede boyor… Minum susu full cream..

—————-

Merasa kegemukan
Saya adalah karyawati sebuah perusahaan swasta. Umur 22 tahun, berat badan 55 kg dengan tinggi badan 160 cm. Berat badan yang ideal adalah berapa? Bila saya mengkonsumsi tablet untuk menurunkan berat badan, adakah efek sampingnya? Tablet yang saya konsumsi adalah 30 menit sebelum makan.

Bagaimana cara makan yang sehat? Apakah terlalu sering tidur siang dapat menyebabkan kegemukan? Kebetulan orang tua saya tergolong berbadan besar, sehingga mengakibatkan saya menjadi berbadan besar.

Tolong pak dokter atas sarannya. Haruskah saya pergi berkonsultasi ke Ahli Gizi? Terima kasih atas sarannya. (Els)

JAWAB :
Buat non Els yang ingin tetap langsing, BB (Berat Badan) anda bukan merupakan BB yang berlebih, meskipun untuk ukuran wanita lebih baik berat anda adalah 52-54 kg.

Sebaiknya anda tidak mengkonsumsi tablet untuk melangsingkan tubuh, karena disamping tidak diperlukan juga setiap obat mempunyai efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk menjaga kelangsingan tubuh anda, sebaiknya makan yang teratur dan tidak berlebih. Kurangi makan daging, dan perbanyak sayuran dan buah-buahan.

Olah raga secara teratur minimal 1 kali per minggu. Sedangkan makan yang sehat dan pasti menjamin anda tidak akan gemuk adalah kunyahlah setiap sendok makanan anda sebanyak minimal 30 kali, dan tidak mencampur nasi atau lauk dengan kuah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

——————-

Merasa terlalu kurus

Saya seorang mahasiswi berumur 20 tahun dengan tinggi badan 165cm dan berat badan saya hanya 41,5kg. Dari keterangan diatas tentunya telah tergambarkan keadaan saya yang tergolong kurus.

Saya sangat merasa minder dengan keadaan saya. Saya sudah mencoba berbagai nasehat untuk menggemukkan badan saya. Mulai dari minum susu pada pagi hari dan sebelum tidur, mengkonsumsi vitamin, minyak ikan, madu, berolahraga bahkan hingga jamu-jamuan. Tapi keadaan tetap tidak berubah.

Kedua orang tua memiliki postur yang tergolong sedang. Ayah saya bertinggi badan 170cm dan berat badannya 75kg sedangkan ibu saya bertinggi badan 158cm dengan berat badan 58kg. Jadi saya rasa tidak mungkin bila berhubungan dari gen atau keturunan. Karena kedua orang tua saya tidak seperti itu.

Mungkinkah saya mengalami ketidakseimbangan gizi ? Tapi saya setiap harinya mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna.

Atau mungkin postur tubuh saya yang tidak berkembang karena kurang aktivitas yang menunjang kesehatan (olahraga) ? Tapi saya sering berolah raga seminggu sekali jogging atau jalan cepat setiap pagi dan setiap dua minggu sekali saya berenang.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang harus saya lakukan dengan keadaan saya ini ? saya sangat ingin merubahnya, Dok. Saya sangat minder karena ejekan teman – teman saya atas keadaan saya yang terlalu kurus.(JFL)

JAWAB :
Nona JFL yang minder, Berdasarkan perhitungan, BB ideal dengan tinggi 165 cm adalah 59 kg, tetapi untuk perempuan bisa mencapai 55 kg. Sehingga dengan BB 41.5 kg anda tergolong “underweight” atau kurus. Seharusnya anda tidak perlu merasa minder, karena yang paling penting anda tidak sakit atau menderita sakit tertentu. Untuk meningkatkan berat badan, ada beberapa hal yang mutlak diperlukan:

  1. Makan yang teratur, 3 kali sehari minimal 2000 kalori (3 piring nasi).
  2. Komposisi makanan harus seimbang, KH > protein > lemak.
  3. Untuk mencerna dengan baik, dapur tubuh (pencernaan) harus cukup supplai darah dan enzim, hal ini diperoleh dengan OR yang teratur (minimal 1 kali per minggu secara teratur).
  4. Tubuh diberi kesempatan untuk mencerna, yaitu dengan istirahat yang cukup (tidak kurang dan tidak berlebihan).
  5. Pikiran harus rileks, agar tidak mempengaruhi hormon tubuh dalam menstimulasi atau mensupresi enzim pencernaan.
  6. Tidak ada penyakit yang mendasari, seperti diabetes, tbc, penyakit liver dan ginjal serta keganasan.

Nah, melihat hal-hal di atas, maka hal yang dapat anda lakukan sendiri adalah no. 1 s/d 5, dan untuk memastikan yang no. 6 sebaiknya anda ke dokter untuk minta general check up sehingga anda lebih yakin akan masalah yang dihadapi.

Dilain sisi ada tips untuk merangsang tubuh mengeluarkan enzim secara maksimal, hal ini merupakan teori kuno tapi sangat efektif dan sudah dilupakan orang saat ini, yaitu nikmatilah makanan anda dengan cara membuat makanan yang anda makan sehalus mungkin dengan cara kunyahlah setiap sendok makanan yang masuk ke mulut sebanyak minimal 30-50 kali. Kenapa demikian?? karena pada saat anda mengunyah, air ludah akan keluar cukup banyak dan di dalamnya mengandung enzim pencernaan. Di lain sisi kecuali di mulut, kelihatannya bagian tubuh yang lain tidak ada giginya deh, jadi bagaimana bisa menghaluskan daging (rendang) sich?? Nah selamat mencoba, semoga sukses. Dr. August (DTV)


   

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: