Zen Diary

Seputar Obrolan Ringan, Pengalaman Hidup dan Mutiara Ilmu

Rahasia Laa ilaa ha illallah..

Posted by zensudarno pada Juli 16, 2007

Seandainya Al Islam ini dibikin paling sederhana maka cukuplah ia direpresentasikan dengan kalimat Laa ilaa ha illalah…yang kemudian disempurnakan dengan kalimat yang populer dengan istilah Syahadatain (2 kalimat syahadat): “Asy hadu allaa ilaha illallah..Wa Asy hadu anna Muhammad Rasulullah. Yg mengandung arti secara syar’i: Bahwa sesungguhnya aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah (diibadahi) kecuali Allah dan Aku bersaksi bahwa Muhammad (bin Abdullah) adalah Utusan Allah.

Ya Ikhwani wa Akhwat fillah..Jika kita hanya mengartikannya dengan Tidak ada Tuhan kecuali Allah saja, maka para syaithan, jin dan kaum kafir pun ternyata mau mengatakannya namun ketika ia diminta menegaskan maknanya dengan Tidak Ada Tuhan yang berhak disembah (diibadahi) maka secara spontan mereka pun menolaknya. So, mari kita benahi pengertian dan penyebutan maknanya lebih tegas lagi agar kita memang berbeda dengan mereka. Berbeda bahwa kita mau secara kaaaffah menerima Al Islam ini tanpa meragukannya sedikit pun..

Ya Akhii Wa Ukhti fillah..tahukah antum?, bahwa begitu banyak orang2 yang fasih mengucapkan kalimat Laa ilaa ha illallah..dengan bilangan (jumlah) yang mungkin banyak, namun ternyata ia hanya bermuara di lisan atau tenggorokan mereka saja. Kenapa?, karena mereka berfikir amalan tersebut hanya sekedar rutinitas belaka. Itu masih bagus,ana tidak mengatakan jelek. Karena yang jelek itu yang tidak melakukannya sama sekali. Namun dalam hal ini, ana ingin menyerukan: “Mari kita perdalam makna dan aplikasi riilnya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya, apakah jika waktu sholat fardu telah tiba, kita masih suka menunda2 untuk melakukannya?, sementara sebenarnya kita bisa kok..melakukan sholat 5 waktu tepat pada waktunya dan sangat bisa juga kita menghentikan kesibukan kita di dunia ini barang sesaat. Kesibukan duniawi yang sebenarnya sangat remeh temeh, jika kemudian dibandingkan dengan sanksi/balasan bagi mereka yang menunda-nunda waktu sholat, melalaikannya-apalagi Na’udzubillah sengaja meninggalkannya. Coba kita tengok QS. Al Maa’uun (107: 4-5) Astaghfirullahal adziim….

Dan sebagai penutup sharing ana buat semua temen2. Ana ingin berbagi sebuah amalan istimewa dari salah seorang Syaikh wal Ulama fillah yang insyaAllah shaalih dan memiliki begitu banyak murid…yaitu ketika mengamalkan kalimat Laa ilaa ha illallah..beliau kemudian sembari mengucakannya dibarengi niat: “Ya Allah..semoga ketika aku menghembuskan nafasku yang terakhir engkau berkenan memudahkan aku untuk mengucakan Laa ilaa ha illallaah..semudah aku mengucapkannya
sekarang”…

Notes:
1. Rasulullah Saw pernah bersabda bahwa “Barang siapa di akhir hayatnya dapat mengucapkan kalimat Laa ilaa ha illallah..maka tidak ada tempat yang paling layak buat dia kecuali Allah menjamin dia berupa sebuah tempat yaitu Al jannah (syurga)..

2. Mohon kalau antum/antuna memiliki temen yang kalian sayang dan mencintainya karena berharap ridha Allah SWT semata maka sampaikanlah akan hal terpenting dan sangat istimewa ini. Semoga hal ini menjadi amalan baik kita dan semoga kita termasuk golongan orang2 yang dimudahkan oleh Allah SWT untuk mengucapkan kalimat Laa ilaa ha illallah..di akhir hayat kita dengan predikat meninggal dalam keadaan husnul khaatimah. Amiiin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: